Ini Tiga Jenis Diskriminasi Yang Harus Dijauhkan Dari Para Penyandang Disabilitas

Untuk para penyandang disabilitas, mendapatkan pekerjaan memang bukan hal yang mudah karena tidak banyak perusahaan yang bisa menerima kekurangan mereka penyandang disabilitas. Namun, hal yang perlu diingat adalah bahwa para penyandang disabilitas ini mampu untuk bekerja dengan penuh keyakinan jika mereka mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan diri mereka. Untuk itu, saat ini, sudah ada beberapa perusahaan yang memang memilih para penyandang disabilitas sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

Sayangnya, hingga sekarang, tentu masih ada perlakuan diskriminasi yang terjadi di tempat kerja kepada para penyandang disabilitas tersebut. Beberapa jenis diskriminasi yang bisa terjadi dan harus segera di hindari adalah

– Diskriminasi Ras yang Berbeda:
Ini adalah bentuk diskriminasi ketika atasan memperlakukan karyawan dengan cara yang berbeda dan tidak setara dibandingkan dengan karyawan lain dalam situasi yang sama. Bentuk diskriminasi ini tidak boleh dipraktikkan di tempat kerja.
Misalnya, ada satu karyawan John dari Afrika Amerika, dan satu karyawan lain Albert dari Amerika. Keduanya pergi makan siang dan kembali bekerja agak terlambat.
Bos sedang menunggu keduanya tetapi dia meninggalkan Albert dengan peringatan, sementara John langsung dipecat dari pekerjaannya. Jika alasan memecat John adalah karena ia berkulit hitam, maka ini adalah diskriminasi rasial. Tetapi jika John telah dipecat karena ia telah melakukan hal yang sama beberapa kali bahkan sebelumnya, maka itu adalah hal yang wajar.

– Diskriminasi karena Dampak:
Ini adalah diskriminasi rasial lain di mana pemberi kerja membedakan antara karyawan melalui kebijakan atau praktik. Kebijakan tersebut dapat terkait dengan promosi, pekerjaan, atau aspek vital lainnya.

– Kondisi Kerja Permusuhan Ras:
Ini adalah salah satu praktik di mana lelucon rasis, penghinaan rasial, komentar kasar, dan segala macam perilaku yang terkait dengan ras seseorang. Banyak orang yang merasa bahwa ras mereka telah dibeda-bedakan.

Jika ketiga hal ini terjadi pada para penyandang disabilitas, maka akan sangat menambah beban mereka. Mereka sudah harus berjuang dengan keadaan yang dimiliki, namun tetap harus berjuang dengan ketiga hal di atas akan membuat kinerja mereka di tempat kerja semakin memburuk.